banner 468x60

2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan

Tidak ada komentar 652 views
banner 160x600
banner 468x60

Sekarang kami akan jelaskan tentang 2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan. Investasi sektor riil (properti misalnya) umumnya membutuhkan modal yang besar dan memakan waktu yang relatif lama untuk berkembang karena besarnya modal maka likuiditasnya tidak secepat sektor finansial. Ambillah contoh bila kita membeli sebuah rumah untuk investasi.

2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan

2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan

Kelebihan investasi riil adalah nilainya biasanya tidak pernah menurun dan selalu meningkat. Namun dilain sisi, setelah beberapa tahun, Anda hendak mencairkan investasi Anda, maka Anda harus mencari seseorang yang memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah Anda yang nilainya mungkin sudah naik puluhan hingga ratusan persen. Mencari pembeli yang seperti ini tidaklah mudah, disinilah masalah likuiditas terjadi.

Berikut beberapa contoh investasi riil yaitu :

1. Investasi Mata Uang Asing

Segala macam mata uang asing biasanya dapat dijadikan alat investasi. Investasi dalam mata uang asing lebih beresiko dibandingkan dengan investasi dalam saham, karena nilai mata uang asing di Indonesia menganut sistem mengambang bebas (free float) yaitu benar-benar tergantung pada permintaan dan penawaran di pasaran. Di Indonesia mengambang bebas membuat nilai mata uang rupiah sangat fluktuatif.

2. Investasi Wirausaha

Wirausaha merupakan salah satu upaya dalam memilih jenis investasi. Wirausaha dapat dilakukan siapa saja, kapan saja asalkan dia berani, kreatif, ulet, dan mempunyai jaringan yang kuat.

Memulai wirausaha

Untuk mendirikan suatu perusahaan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Bidang usaha yang akan ditekuni, menentukan jenis usaha apa yang akan dilaksanakan, barang atau jasa.
  • Modal usaha, menentukan jumlah modal yang diperlukan dan sumber modal, apakah tabungan sendiri atau pinjaman.
  • Target pasar, target pasar yang akan kita tuju adalah suatu hal yang penting.
  • Lokasi usaha, penentuan lokasi usaha juga penting karena semakin strategis letak usaha, semakin besar keuntungan yang didapat.
Persiapan sebelum berwirausaha

Sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka usaha ada baiknya anda memastikan bahwa semua kebutuhan yang terkait telah dipersiapkan dengan baik.

  • Pastikan anda sudah memiliki dana darurat keluarga yang besarnya tergantung banyaknya tanggungan keluarga anda. Pastikan juga dana investasi ini tidak mengganggu keuangan keluarga.
  • Besaran dana investasi tergantung dari usaha yang akan dilaksanakan. Sebaiknya mulailah usaha dengan skala kecil, setelah berhasil baru bisa membuka usaha berskala besar.
  • Selain dana investasi untuk sewa, peralatan, dan perlengkapan, juga harus mempersiapkan dana untuk perputaran.

Tips dalam berwirausaha

  • Bermimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses, banyak kesuksesan di masa depan yang berawal dari mimpi.
  • Keberanian untuk memulai usaha dan mengambil resiko. Banyak ide brilian yang hanya menjadi sekedar ide tanpa diwujudkan menjadi peluang bisnis jika tidak ada keberanian untuk memulai usahanya.
  • Belajar dari pakar bisnis dan pengusaha sukses untuk dapat mengembangkan usaha yang dibangun diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang lebih.
  • Bekerja keras dalam mengembangkan usaha.
  • Kembangkan jaringan yang luas. Jaringan luas tentunya sangat mendukung perkembangan usaha yang Anda lakukan. Jaringan yang Anda punya bisa dijadikan target pemasaran, bisa juga dijadikan sebagai sumber ilmu dan motivasi, dan juga dapat menjadi pendukung dalam pengembangan usaha.
  • Kegagalan adalah guru yang paling berharga. Kegagalan merupakan hal yang paling takut dihadapi oleh kebanyakan orang yang berusaha. Terus berpikir positif dalam menyikapi kegagalan dengan belajar dari kegagalan itu sendiri.

Real investment yang lainnya seperti :

  1. Investasi Emas
  2. Investasi Tanah
  3. Investasi Rumah
  4. Investasi Properti
  5. Investasi Apartemen
  6. Investasi Franchise

Demikian info tentangĀ 2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "2 Investasi Sektor Riil yang Bisa Dilakukan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.