Investasi Asing dan Faktor yang Mempengaruhinya

Tidak ada komentar 184 views
banner 160x600
banner 468x60

Investasi Asing dan Faktor yang Mempengaruhinya – Sebagai negara berkembang Indonesia membutuhkan dana yang cukup besar untuk melaksanakan pembangunan nasional. Kebutuhan dana yang besar tersebut terjadi karena adanya upaya untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari negara-negara maju, baik dikawasan regional maupun kawasan global.

Di samping menggali sumber pembiayaan dalam negeri, pemerintah juga menggali sumber pembiayaan luar negeri, salah satunya adalah penanaman modal asing langsung (foreign direct investment, FDI). Sebagian pengamat menilai, penanaman modal asing langsung ini merupakan sumber pembiayaan luar negeri yang paling potensial dibandingkan dengan sumber yang lain.

Panayotou (1998) menjelaskan bahwa penanaman modal asing langsung lebih penting dalam menjamin kelangsungan pembangunan dibanding aliran bantuan atau modal portofolio, sebab terjadinya penanaman modal asing langsung di suatu negara akan diikuti dengan transfer of technology, know-how, management skill, resiko usaha relatif kecil, dan lebih profitable.

Studi empiris yang dilakukan oleh beberapa ahli di bidangnya telah memperkuat argument bahwa peranan penanaman modal asing langsung relative besar dalam perkembangan pembangunan ekonomi suatu negara. Terpstra dan Yu (1988) mengungkapkan bahwa ukuran pasar (market size) yang diukur dengan GDP perkapita, faktor kedekatan geografis negara penerima dan negara penanam modal, besarnya perusahaan, reaksi oligopolistik merupakan faktor penentu masuknya modal asing ke suatu negara.

Rana dan Dowling (1988) mengungkapkan pengaruh penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di Negara-negara sedang berkembang, menyimpulkan bahwa modal asing memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan pembangunan ekonomi dan tabungan domestik di negara berkembang di Asia.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba mengemukakan variabel yang mempengaruhi penanaman modal asing langsung (PMA) di Indonesia dengan menggunakan model dinamis (error correction model, ECM) yang didukung dengan uji akar unit dan uji kausalitas granger. Dengan pendekatan ini diharapkan akan dapat diketahui variable yang mempengaruhi penanaman modal asing langsung di suatu negara dan perbandingan kekuatannya di antara negara-negara tersebut.

Pasukan Synergy

Banyak faktor yang mempengaruhi penanaman investasi asing di Indonesia di antaranya yaitu :

  1. Faktor Sumber Daya Alam, seperti tersedianya hasil hutan, bahan tambang, gas dan minyak bumi maupun iklim dan letak geografis serta kebudayaan.
  2. Faktor Sumber Daya Manusia, dalam hal ini berkaitan dengan tenaga kerja siap pakai.
  3. Faktor stabilitas politik dan perekonomian, guna menjamin kepastian dalam berusaha.
  4. Faktor kebijakan pemerintah, kebijakan langkah-langkah deregulasi dan debirokratisasi yang diambil oleh Pemerintah dalam rangka menggairahkan iklim investasi.
  5. Faktor kemudahan dalam peizinan, dalam rangka meningkatkan investasi di daerah, maka faktor perizinan perlu diperhatikan, antara lain diupayakan untuk mempermudah pemberian pelayanan perizinan investasi dengan cara memperbanyak pusat pelayanan pemberian persetujuan atau perizinan investasi dengan melimpahkan wewenang dari Menteri Negara Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal kepada Gubernur Kepala Daerah Propinsi.

Demikian info tentangĀ Investasi Asing dan Faktor yang Mempengaruhinya semoga bermanfaat.

Pasukan Synergy

sumber : Rahasia Terbesar Investasi, Adi Setiawan Marsis

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas
Email Autoresponder indonesia
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Investasi Asing dan Faktor yang Mempengaruhinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.