banner 468x60

Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya

Tidak ada komentar 267 views
banner 160x600
banner 468x60

Pembahasan kita kali ini adalah Bisnis Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya. Emas adalah barang berharga yang paling diterima seluruh dunia setelah mata uang asing dari negara-negara G-7 (sebutan bagi tujuh negara yang memiliki perekonomian yang kuat, yaitu Amerika, Jepang, Jerman, lnggris, Italia, Kanada dan Perancis). Harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang dari negara-negara G-7.

Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya

Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya

Semakin tinggi kenaikan nilai mata uang asing tersebut, semakin tinggi pula harga emas. Selain itu harga emas biasanya juga berbanding searah dengan inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas. Seringkali kenaikan harga emas melampaui inflasi itu sendiri.

Perbedaan emas dan perhiasan emas

Emas merupakan logam mulia yang masih berbentuk batangan. Logam mulia ini memiliki nilai yang lebih menjanjikan jika dijadikan barang investasi dibandingkan dengan perhiasan emas. Karena perhiasan emas telah dilengkapi dengan permata atau batu-batuan lainnya untuk menambah keindahan. Perhiasan emas pun dapat dijadikan barang investasi. Hanya saja, berpotensi mengurangi laba investasi karena mudah tergores, apalagi bila batu permatanya copot atau hilang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas

1. Inflasi

Inflasi terjadi jika nilai mata uang mengalami penurunan sehingga harga barang di pasaran mengalami kenaikan. Hal ini didorong oleh meningkatnya permintaan barang dan jasa yang kemudian diperparah dengan tersendatnya distribusi barang. Kondisi inflasi seperti inilah yang mendorong naiknya harga emas.

2. Krisis finansial

Saat terjadi krisis finansial, orang lebih jeli dalam berinvestasi. Orang akan mencari keamanan dalam berinvestasi, sehingga mereka akan memilih investasi yang memberikan keuntungan. Dalam hal ini adalah berinvestasi dengan emas.

3. Naiknya permintaan emas di pasar lokal

Harga emas dapat naik karena permintaan akan emas di pasaran yang mengalami peningkatan.

4. Kurs dollar

Karena harga emas dihitung berdasarkan kurs dolar, maka jika dolar mengalami kenaiakan, harga emas akan ikut terdorong naik.

5. Harga minyak

Selain dapat dibeli dengan mata uang yang berlaku, minyak juga dapat dibeli dengan emas. Jadi, jika harga minyak naik, maka harga emas pun ikut naik.

Gadai emas

Gadai emas merupakan salah satu wujud  investasi emas dengan menggunakan jasa dari bank atau pegadaian. Istilah gadai emas sama halnya dengan investasi emas. Bedanya mekanisme penghitungan harga emas yang digunakan lebih panjang daripada mekanisme perhitungan dalam investasi emas.

Investor harus mengikuti peraturan prosedur penghitungan dan harga emas yang telah ditetapkan bank atau pihak pegadaian. Sementara dalam investasi emas, investor tidak perlu mengikuti peraturan bank atau pegadaian yang melakukan nilai taksir emas yang nilainya pasti lebih rendah dari harga emas di pasaran.

Sertifikat emas

Keberadaan sertifikat emas sangat berguna bagi para pemilik emas, dengan bukti kepemilikan sertifikat ini harga jual emas akan tetap tinggi. Sertifikat ini sangat membantu dalam menjamin keaslian emas yang dibeli.

Demikian info tentang Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Investasi Emas dan Faktor yang Mempengaruhinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.