banner 468x60

Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin

Tidak ada komentar 369 views
banner 160x600
banner 468x60

Topik kita sekarang yaitu Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin. Menabung, melakukan investasi secara rutin yang sering kali dilakukan untuk berbagai macam tujuan. Namun demikian, apabila Anda menyisihkan uang secara rutin, maka uang yang Anda kumpulkan tersebut bisa sangat bermanfaat dikemudian hari disaat Anda sedang membutuhkan.

Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin

Seseorang yang memiliki penghasilan sebesar Rp 1 juta per bulan, misalnya, setelah setahun menabung hanya memiliki saldo rekening Rp 200 ribu di rekeningnya. Setelah ditanya kenapa jumlah saldo rekeningnya cuma sebesar itu setelah bekerja setahun, ia mengatakan penghasilannya sering habis dipakai dalam sebulan. Jadi, ia tidak bisa menabung. Sebetulnya, kalau ia mau menabung sebesar Rp 100 ribu saja setiap bulan, maka pada akhir tahun ia sudah akan memiliki jumlah saldo rekening sebesar Rp 1,2 juta plus bunganya.

Apabila selama ini Anda selalu membelanjakan uang Anda, sehingga selalu kehabisan uang untuk ditabung. Kenapa anda tidak mencoba membalikan proses itu. Ketika mendapatkan gaji sisihkan dulu sebagian uangnya untuk ditabung, baru kemudian sisanya dipakai buat belanja.

Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin

Bila hal seperti itu dilakukan secara rutin, maka dalam setahun Anda akan memiliki simpanan uang dalam jumlah yang cukup besar. Hal seperti itu baik sekali dilakukan, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung, mungkin saja uang yang bisa dibelanjakan jadi berkurang, tetapi itulah konsekuensinya, anda perlu punya cadangan dana untuk masa depan anda, bekal di hari tua.

Apabila hal tersebut sangat memberatkan, maka coba lakukan satu di antara tiga pilihan ini yaitu:

  1. Meningkatkan pendapatan
  2. Menekan pengeluaran
  3. Melakukan keduanya, yaitu meningkatkan pendapatan sekaligus menekan biaya hidup.

Ada banyak pilihan yang bisa digunakan sebagai tempat menabung. Salah satu tempat menabung paling popular di masyarakat Indonesia adalah bank. Kelebihannya adalah karena dana dalam tabungan dapat diambil kapanpun Anda inginkan selama saldo yang dimiliki memenuhi keperluan uang Anda. Kelemahannya adalah pada saat ini umumnya tabungan di bank hanya memberikan bunga yang kecil.

Selain menyimpan uang anda di bank, Anda juga bisa melakukan kegiatan investasi lainnya yaitu dengan membeli emas. Anda mungkin bisa membeli emas yang jumlahnya sesuai dengan nilai uang yang ditabungkan.

Pilihan lain adalah Anda bisa melakukan investasi dalam bentuk lain, seperti reksadana, sebuah bentuk investasi dimana uang yang ditabungkan akan dikelola oleh sebuah manager investasi untuk diinvestasikan ke dalam berbagai macam produk investasi. Untuk bisa mulai berinvestasi di reksadana, bisa dimulai dengan jumlah persyaratan minimal dana 100 ribu rupiah.

Demikian info tentangĀ Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jadikan Kegiatan Menabung Sebagai Investasi Rutin"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.