banner 468x60

Jenis dan Harga dari Saham yang Perlu Diketahui

Tidak ada komentar 770 views
banner 160x600
banner 468x60

Di postingan ini kami akan ulas mengenai Jenis dan Harga dari Saham yang Perlu Anda Tahu. Setelah mengetahui apa itu saham beserta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga saham.

Jenis dan Harga dari Saham

Jenis dan Harga dari Saham

Dalam postingan kali ini akan dijelaskan jenis saham dan juga harga dari saham.

Jenis Saham

Ada dua jenis saham yang harus diketahui yaitu :

1. Saham biasa (common stock)

Saham biasa adalah efek dari penyertaan pemilikan (equity security) dari badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Saham biasa memberikan jaminan untuk turut serta dalam pembagian laba dalam bentuk deviden, apabila perusahaan tersebut memperoleh laba. Ciri-ciri dari saham biasa adalah sebagai berikut:

  • Dividen dibayarkan sepanjang perusahaan memperoleh laba
  • Memiliki hak suara (one share one vote)
  • Hak memperoleh pembagian kekayaan perusahaan apabila bangkrut dilakukan setelah semua kewajiban perusahaan dilunasi.

2. Saham preferen (preffered stock)

Merupakan saham yang mempunyai sifat gabungan antara obligasi dan saham biasa. Adapun ciri-ciri dari saham preferen yaitu:

  • Memiliki paling dahulu memperoleh deviden
  • Tidak memiliki hak suara
  • Dapat mempengaruhi manajemen perusahaan terutama dalam pencaloan pengurus
  • Memiliki hak pembayaran maksimum sebesar nilai nominal saham lebih dahulu setelah kreditur apabila perusahaan dilikuidasi.
Harga saham

Saham merupakan tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan, selembar saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemiliknya dari suatu perusahaan yang menerbitkan kertas (saham) tersebut. Selembar saham mempunyai nilai atau harga. Harga saham dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu :

a. Harga normal

Harga yang tercantum dalam sertifikat saham yang ditetapkan oleh emiten untuk menilai setiap lembar saham yang dikeluarkan. Besarnya harga nominal memberikan arti penting saham karena deviden minimal biasanya ditetapkan berdasarkan nilai nominal.

b. Harga perdana

Harga ini merupakan harga pada waktu saham tersebut dicatat di bursa efek. Harga saham pada pasar perdana biasanya ditetapkan oleh penjamin emisi (underwriter) dan emiten. Dengan demikian akan diketahui berapa harga saham emiten itu akan dijual kepada masyarakat biasanya untuk menentukan harga perdana.

c. Harga pasar

Kalau harga perdana merupakan harga jual dari perjanjian emisi kepada investor, maka harga pasar adalah harga jual dari investor yang satu dengan investor yang lain. Harga ini terjadi setelah saham tersebut dicatatkan di bursa.

Transaksi di sini tidak lagi melibatkan emiten dari penjamin emisi harga ini yang disebut sebagai harga di pasar sekunder dan harga inilah yang benar-benar mewakili harga perusahaan penerbitnya, karena pada transaksi di pasar sekunder, kecil sekali terjadi negosiasi harga investor dengan perusahaan penerbit. Harga yang setiap hari diumumkan di surat kabar atau media lain adalah harga pasar.

Demikian info tentangĀ Jenis dan Harga dari Saham semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jenis dan Harga dari Saham yang Perlu Diketahui"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.