banner 468x60

Jenis dari Investasi Reksa Dana

Tidak ada komentar 526 views
banner 160x600
banner 468x60

Kali ini kami akan bahas terkait dengan Jenis dari Investasi Reksa Dana yang perlu diketahui. Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang didalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi (Mutual Fund).

Jenis dari Investasi Reksa Dana

Jenis dari Investasi Reksa Dana

Reksa dana (mutual fund) adalah suatu kumpulan dana dari masyarakat, pihak pemodal atau pihak investor untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi. Dan diinvestasikan pada berbagai jenis portfolio investasi efek atau produk keuangan lainnya.

Menurut kamus keuangan, Reksa Dana diidentifikasikan sebagai portfolio asset keuangan yang terdivesifikasi, dicatatkan sebagai perusahaan investasi yang terbuka, yang menjual saham kepada masyarakat denga harga penawaran dan penarikannya pada harga nilai aktiva bersihnya.

Jenis reksa dana berdasarkan sifat investasinya

1. Growth Fund

Reksadana yang mempunyai portfolio investasi dengan tujuan untuk mendapatkan pertumbuhan keuntungan yang tinggi. Jenis investasinya mempunyai sifat volatilitas yang cukup tinggi, seperti investasi di instrumen saham.

2. Stable Fund

Reksadana yang mengutamakan jenis portfolio investasi yang bertujuan mendapatkan pertumbuhan keuntungan yang stabil. Jenis investasinya mempunyai sifat volatilitas yang agak kurang, seperti investasi di instrumen obligasi.

3. Safty Fund

Reksadana yang lebih mengutamakan keamanan atas dana investasi dan tidak menyukai adanya volatilitas harga atau ketidakstabilan pendapatan dari instrumen investasinya. Manajer Investasi reksadana jenis “safty fund” ini cenderung melakukan investasi di instrument pasar uang, seperti deposito.

Reksa dana berdasarkan jenisnya

Menurut jenisnya reksa dana dibagi menjadi :

a. Reksa dana saham

Reksa dana Saham adalah reksadana yang portfolio investasinya pada instrument berbentuk saham (equity) dengan jumlah sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh persen) dari total aset investasinya. Manajer investasi yang melakukan pembelian pada instrument saham ini biasanya selalu melakukan seleksi pada saham “blue chip” (saham unggulan) dan pada jenis saham yang liquid. Investasi yang dilakukan pada saham, resikonya tinggi namun menghasilkan tingkat mengembalian yang tinggi pula.

b. Reksa dana pasar uang

Reksa dana ini melakukan pilihan investasi pada jenis instrument investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Daya tarik instrument investasi di pasar uang ini adalah karena sifatnya sangat likuid. Reksa dana Pasar Uang mempunyai tingkat resiko lebih rendah dibanding jenis instrument investasi lainnya.

c. Reksa dana pendapatan tetap

Reksa dana ini mempunyai jenis portfolio investasi dalam efek yang berbentuk surat utang, seperti obligasi dengan komposisi jumlahnya minimal sebanyak 80% (delapan puluh persen) dari total asetnya. Instrumen pendapatan tetap, seperti obligasi, memberikan tingkat suku bunga (kupon) yang relatif menarik dibandingkan dengan investasi pada deposito.

d. Reksa dana campuran

Jenis reksa dana ini mengalokasikan dana investasinya dalam bentuk portfolio investasi yang bervariasi. Instrumen investasinya bisa berbentuk saham dan dikombinasikan dengan instrumen pendapatan tetap (obligasi).

Demikian info tentang Jenis dari Investasi Reksa Dana semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jenis dari Investasi Reksa Dana"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.