banner 468x60

Karakteristik dan proses Investasi

Tidak ada komentar 354 views
banner 160x600
banner 468x60

Di artikel ini kami akan bahas tentang Karakteristik dan proses Investasi yang mesti dimengerti. Suatu rencana investasi perlu dianalisis secara seksama. Analisis rencana investasi pada dasarmya merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (baik besar atau kecil) dapat dilaksanakan dengan berhasil, atau suatu metode penjajakkan dari suatu gagasan usaha / bisnis tentang kemungkinan layak atau tidaknya gagasan usaha / bisnis tersebut dilaksanakan.

Karakteristik dan proses Investasi

Karakteristik dan proses Investasi

Suatu proyek investasi umumnya memerlukan dana yang besar dan akan mempengaruhi perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu dilakukan perencanaan investasi yang lebih teliti agar tidak terlanjur menanamkan investasi pada proyek yang tidak menguntungkan.

Ada dua karakteristik investasi utama yang wajib dipahami saat Anda ingin berinvestasi yaitu tingkat imbal hasil yang ditawarkan (return) dan tingkat risiko (risk). Khusus terkait risiko, setiap investor memiliki sikap toleransi terhadap risiko investasi yang berbeda-beda yaitu :

  1. Merasa nyaman untuk mengambil risiko (risk-takers),
  2. Ragu-ragu (risk-moderate),
  3. Tidak berani untuk mengambil risiko (risk-averse).

Tidak ada satu instrument pun yang cocok untuk semua orang sebelum melakukan investasi, setiap investor perlu mengenali profil risiko masing-masing investasi sehingga dapat memilih instrument investasi yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Ciri Investasi

Berikut ciri-ciri investasi yang wajib diwaspadai yaitu :

  1. Investasi yang memberikan iming-iming tingkat imbal hasil yang sangat tinggi (high rate of return)
  2. Adanya jaminan bahwa investasi yang akan dilakukan tidak memiliki risiko investasi (free risk)
  3. Investasi yang memberikan bonus dan cashback yang sangat besar bagi konsumen yang bisa merekrut konsumen baru
  4. Investasi yang menyalahgunakan testimoni dari para pemuka masyarakat untuk memberikan efek penguatan (endorsement) dan kepercayaan
  5. Investasi yang menjanjikan kemudahan untuk menarik kembali aset yang diinvestasikan dan jaminan keamanan aset yang diinvestasikan (easy, flexible, and safe)
  6. Investasi yang memberikan jaminan pembelian kembali tanpa pengurangan nilai (buy back guarantee)
  7. Konsumen harus ingat bahwa surat izin usaha perdagangan (SIUP) bukan merupakan izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.
Proses Investasi

Proses investasi adalah suatu rangkaian aktivitas yang menghasilkan di dalam pembelian aset nyata atau surat berharga. Proses investasi berkisar tentang keputusan-keputusan investasi yang berhubungan untuk memaksimumkan kekayaan investor.

Dalam sebuah proses investasi ada langkah-langkah yang harus di tempuh yaitu sebagai berikut:

  1. Pengetahuan tentang pengembalian dan resiko investasi. Mengetahui sikap investor terhadap resiko. Setiap investor harus mau menerima resiko investasi yang terkadang di dalam aset riil maupun surat berharga, dan dapat mengidentifikasi kombinasi pengembalian dan resiko yang dapat diterima. Dengan kata lain, sebelum menerima resiko investasi, investor harus berada pada posisi finansial yang logis, dan harus siap menggunakan alasan-alasan yang masuk akal untuk proses pembuatan keputusan.
  2. Pengetahuan dari setiap tipe surat berharga atau aset yang tersedia untuk investasi, termasuk pengembalian yang diharapkan dan resiko yang berhubungan dengan tipe aset atau surat berharga tersebut. Memilih beberapa surat berharga atau aset yang dapat memberi suatu pengembalian dan resiko yang dapat diterima berdasarkan kebutuhan-kebutuhan dari investor tertentu.

Demikian info tentang Karakteristik dan proses Investasi semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Karakteristik dan proses Investasi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.