banner 468x60

Pendanaan Modal untuk Kegiatan Investasi

Tidak ada komentar 27 views
banner 160x600
banner 468x60

Topik kita sekarang ialah pendanaan modal untuk kegiatan investasi. Kebanyakan analisis ekonomi berkaitan dengan total modal yang digunakan, tanpa memperhatikan darimana sumber modal tersebut diperoleh. Maka, analisis ekonomi lebih cenderung mengevaluasi proyeknya itu daripada kepentingan para penyedia modal.

Pendanaan Modal untuk Kegiatan Investasi

Pendanaan Modal untuk Kegiatan Investasi

Berikut analisis dari para ekonom terkait dengan total pendanaan modal untuk kegiatan investasi

Perbedaan antara sumber dana, pinjaman, dan ekuitas

Jika modal pinjaman digunakan, maka bunga harus dibayarkan kepada pemberi pinjaman. Lalu pemberi modal pinjaman tidak memperoleh bagian dari keuntungan yang dihasilkan penggunaan modal, tentu saja bunga yang mereka peroleh berasal dari pendapatan perusahaan. Bagi perusahaan, bunga yang dibayar untuk dana pinjaman adalah beban yang dapat dikurangkan dari pajak (tax-deductible)

Jenis organisasi bisnis

Dalam membentuk bisnis yang memerlukan pendanaan modal untuk kegiatan investasi, organisasi bisnis terbagi menjadi tiga yaitu kepemilikan individu (individual ownership), persekutuan (partnership) dan Perseroan Terbatas (Corporation).

Kepemilikan Individu (Individual Ownership)

Seseorang atau individu dalam menggunakan modalnya untuk mendirikan sebuah usaha dan seseorang atau individu tersebut menjadi pemilik tunggal perusahaan tersebut. Pemilik individu tersebutlah yang menjalankan perusahaan, mengendalikan perusahaan, dan berhak untuk memperoleh manfaat dan keuntungan. Namun individu tersebut juga menanggung setiap kerugian yang akan terjadi pada bisnisnya tersebut.

Dalam kepemilikan individu, modal ekuitas yang diperlukan dalam melakukan perluasan usaha yakni berasal dari keuntungan perusahaan setelah pajak. Maka, perusahaan sulit untuk memperoleh pinjaman atau pendanaan modal untuk kegiatan investasi dan bisnis. Apalagi modal yang berjumlah besar dengan periode atau jangka waktu yang lama yang dikarenakan tidak ada kepastian keberlangsungan hidup sebuah perusahaan tersebut.

Persekutuan (Partnership)

Persekutuan yaitu menggabungkan sumber dana dari dua atau lebih pihak yang bergabung dalam sebuah sekutu. Dalam sebuah persekutuan juga terdapat kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dalam sebuah persekutuan.

Kelebihan Persekutuan
  • Persekutuan diikat oleh beberapa persyaratan hokum.
  • Pembubaran persekutuan hanya dapat terjadi pada waktu kapanpun jika telah disetujui melalui persetujuan semua partner, tanpa diperlukan campur tangan pihak luar.
  • Dengan berkumpulnya dua orang atau lebih dengan bakat berbeda,maka masing-masing orang dapat menangani tanggung jawab yang paling baik dapat ditandatanganinya.
Kekurangan Persekutuan
  • Jumlah modal yang dikumpulkan sangat terbatas
  • Keberlangsungan hidup perusahaan ditentukan oleh masing-masing Jika mitra meninggal maka persekutuan secara otomatis berakhir.
  • Adanya kemungkinan timbulnya ketidaksaman pendapat yang serius di antara sekutu.
  • Setiap anggota sekutu bertanggung jawab secara pribadi terhadap semua hutang persekutuan.
Perseroan Terbatas (Corporation)

Perseroan terbatas atau disebut Corporation adala sebuah badan buatan, yang berbadan hukum, yang dapat menjalankan hampir semua jenis transaksi bisnis yang dapat dilakukan manusia. Dalam perseroan terbatas modal diperoleh dari penjualan saham. Pembeli saham adalah bagian dari pemilik, disebut pemegang saham, perusahaan beserta seluruh asetnya.

Dalam perseroan terbatas, para pemegang saham tidak dipaksa untuk menanggung kerugian diluar nilai saham yang mereka miliki. Di dalam perseroan terbatas tedapat beberapa jenis saham yaitu :

  1. Saham biasa (ordinary stock) yaitu saham yang menggambarkan kepemilikan biasa tanpa jaminan khusus dari pengembalian investasi.
  2. Saham preferen (preferred stock) yaitu saham yang memiliki keistimewaan dan pembatasan tertentu yang tidak dimiliki saham biasa.

Sekian informasi seputar pendanaan modal untuk kegiatan investasi, semoga artikel ini berguna buat sahabat semua. Tolong artikel ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pendanaan Modal untuk Kegiatan Investasi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.