Pengelola Pasar Modal dan Aspek yang Harus Ada

Tidak ada komentar 389 views
banner 160x600
banner 468x60

Pengelola Pasar Modal dan Aspek yang Harus Ada – Dalam pasar modal kegiatan yang dilakukan harus sesuai ketentuan dasar hukum yang berlaku. Dalam pasar modal, dasar hukumnya adalah UU No. 8 Tahun 1995 tentang pasar modal dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 45 Tahun 1995 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal.

Di dalam pasar modal ada beberapa aspek yang harus ada, aspek-aspek tersebut di antaranya adalah:

1. Pelaku

Pasukan Synergy

Pelaku pasar modal merupakan pembeli dan penjual dana atau modal baik perorangan maupun badan usaha yang sebagian dari mereka melakukan penyisihan dananya dalam kegiatan yang produktif dan lainnya memerluakan tambahan dana atau modal dalam upaya mengembangkan usahanya.

2. Komoditas

Dalam hal ini komoditas merupakan barang atau sebuah produk yang diperjual belikan dalam pasar modal. Dalam hal ini contoh komoditas yang dimaksud adalah bursa uang, modal, tembakau, karet, emas, minyak perkapalan, asuransi, perbankan dan lain-lain.

3. Lembaga Penunjang

Lembaga penunjang yang dimaksud di sini adalah profesi yang berkaitan dengan aktifitas yang berada di pasar modal. Contoh lembaga ini adalah penjamin emisi efek, penanggung (guarantor), agen pembayar (paying agen), pedagang efek, broker, giro, administrasi efek dan lain sebagainya.

4. Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban yang dimaksud di sini adalah ketentuan yang terkandung dalam pasar modal dan harus dipatuhi oleh semua anggota.

Hal yang disebutkan di atas merupakan aspek-aspek yang harus ada dalam sebuah pasar modal agar terwujudnya transaksi pasar modal yang sesuai ketentuan yang berlaku.

Di dalam pasar modal terdapat pelaku dalam pasar modal. Pelaku disinilah yang melakukan penanaman modal dalam upaya memperoleh keuntungan. Pelaku di sini disebut sedang melakukan kegiatan investasi. Kegiatan ini merupakan aktifitas penanaman modal baik secara langsung maupun tidak langsung dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Cara Melakukan Investasi di Pasar Modal

Di dalam kegiatan investasi ada terdapat dua cara melakukan investasi di pasar modal yaitu:

a. Pasar Perdana

Pasar perdana merupakan pasar yang pertama kali melakukan penawaran efek dari penjual efek (emiten) kepada masyarakat umum.

b. Pasar Sekunder

Pasar Sekunder dengan harga efek ditentukan oleh kondisi perusahaan emiten, serta kekuatan permintaan dan penawaran efek di bursa. Pembelian efek dapat dilakukan di pasar sekunder.

Pengelola Pasar Modal

Pasukan Synergy

Dalam sebuah pasar modal dikelola oleh sebuah badan yang bernama Badan Pengawasan Pasar Modal atau disingkat dengan istilah BAPEPAM yang bernaung atau struktur organisasinya berada di bawah Departemen Keuangan.

Tugas dan Fungsi BAPEPAM

Sebagai lembaga yang bernaung di bawah Departemen Keuangan, Bapepam memiliki tugas dan fungsi dalam mengelola pasar modal. Tugas dan fungsinya dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • Melakuakn pembinaan, membuat peraturan dan mengawas, kegiatan pasar moda sehari-hari
  • Mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar dan efisien dengan tujuan melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.
  • Melaksanakan pembinaan terhadap semua pelaku dan lembaga yang berkaitan dengan pasar modal.
  • Mempertanggungjawabkan seluruh aktivitasnay ke Menteri Keuangan. Bapepam juga dapat memberikan Pendapat ke Menteri Keuangan berkaitan dengan keputusan-keputusan yang berhubungan dengan pasar modal.

Kewenangan BAPEPAM

Bapepam juga memiliki kewenangan dalam mengelola pasar modal. Kewenangan Bapepam tersebut antara lain:

  • Memberikan izin usaha, izin perseorangan, persetujuan, kepada para pelaku pasar modal.
  • Menetapkan persyaratan dan tata cara menjadi peserta pasar modal serta dapat menyatakan penundaan atau pembatalan terhadap efektifnya pernyataan pendaftaran.
  • Mengadakan pemeriksaan dan penyelidikan, apabila diduga terjadi peristiwa/aktivitas yang merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang dan ketentuan pelaksanaan pasar modal.
  • Melakukan penunjukkan ke pihak lain untuk melakukan pemeriksaan tertentu dalam rangka pelaksanaan Bapepam.
  • Membatalkan atau membekukan pencatatan efek tertentu pada bursa efek atau menghentikan transaksi atau bursa efek tertentu.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap emiten, perusahaan publik dan pihak-pihak yang melakukan ijin usaha, ijin perorangan, pendaftaran dari pasar modal.
  • Menetapkan instrumen tertentuĀ  sebagai efek.

Demikian info tentangĀ Pengelola Pasar Modal dan Aspek yang Harus Ada semoga bermanfaat.

sumber : Rahasia Terbesar Investasi, Adi Setiawan Marsis

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pengelola Pasar Modal dan Aspek yang Harus Ada"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.