banner 468x60

Perkembangan Penanaman Modal Asing Langsung

Tidak ada komentar 581 views
banner 160x600
banner 468x60

Perkembangan penanaman modal asing langsung di tahun 1998-2000 mengalami penurunan yang signifikan yaitu rata-rata 2,7 persen dalam tiga tahun. Jika diakumulasikan permasalahan yang sebenarnya ada dua hal yang mempengaruhi kegiatan penanaman modal asing langsung di Indonesia ataupun di suatu Negara, dalam kaitannya mengapa suatu negara begitu aktif dalam menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Perkembangan penanaman modal asing langsung

Perkembangan Penanaman Modal Asing Langsung

Dua hal yang mempengaruhi kegiatan penanaman modal asing langsung di Indonesia ataupun di suatau negara yaitu:

  1. Lingkungan atau kerangka kebijakan (policy framework)
  2. Faktor ekonomi (economic determinant)

Pertimbangan ekonomi, di satu sisi menjadikan pertimbangan dalam penanaman modal asing langsung. Variable ekonomi ini antara lain akses pasar, sumber daya, dan faktor efisiensi. Variable inilah yang mendasari suatu negara berpacu untuk menangkap peluang tersebut.

Policy framework khususnya berkaitan dengan regulasi yang berlaku di suatu negara. Investor pada dasarnya mengetahui bagaimana potensi dan kondisi suatu negara yang akan dijadikan tempat berinvestasi. Kerangka kebijakan ini terkait dengan aturan yang mendukung terbukanya pasar, standarisasi kesepakatan internasional, faktor kepemilikan dan lainnya. UNCTAD (1998) menguraikan hal ini dalam beberapa hal, yaitu:

  1. Stabilitas ekonomi, politik, dan sosial
  2. Aturan yang mendukung masuk dan operasinya suatu usaha
  3. Standar kesepakatan internasional
  4. Kebijakan dalam memfungsikan struktur pasar
  5. Persetujuan internasional dalam penanaman modal asing langsung
  6. Kebijakan privatisasi
  7. Kebijakan perdagangan dan perpajakan
Upaya Penyesuaian Kebijakan Investasi

Dalam rangka meningkatkan investasi asing langsung di Indonesia, pemerintah melalui badan koordinasi dan penanaman modal (BKPM) telah melakukan beberapa upaya penyesuaian kebijakan investasi, di antaranya:

  1. Pemerintah telah memperbaharui daftar bidang usaha yang tertutup bagi penanaman modal untuk dapat diberikan keleluasaan investor dalam memilih usaha (keppres no. 96 tahun 2000 jo. no 118 tahun 2000), dalam keputusan tersebut, bidang usaha yang tertutup untuk investasi baik Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berkurang dari 16 sektor menjadi 11 sektor. Bidang usaha yang tertutup bagi kepemilikan saham asing berkurang dari 9 sektor menjadi 8 sektor.
  2. Penyederhanaan proses dari 42 hari menjadi 10 hari. Sebelumnya persetujuan Penanaman Modal Asing (PMA) dilakukan oleh Presiden, sedangkan saat ini cukup dilakukan oleh pejabat yang berwenang, dalam hal ini deputi bidang dan fasilitas penanaman modal.
  3. Sejak tanggal 1 januari 2001, pemerintah menggantikan intensif pembebasan pajak dengan kelonggaran pajak investasi sebesar 30 persen untuk enam tahun.
  4. Nilai investasi tidak dibatasi, sepenuhnya tergantung studi kelayakan proyek tersebut.

Pada masa pemerintahan orde baru tahun 1997, Indonesia melakukan sejumlah deregulasi terhadap peraturan penanaman modal. Peraturan penanaman modal asing mulai diperbaiki sejak tahun 1967, sedangkan untuk peraturan penanaman modal dalam negeri mulai diatur sejak tahun 1968. Insentif bagi para investor tampaknya sangat tergantung pada bagaimana pemerintah melakukan atau menerapkan status prioritas dalam sektor industri.

Demikian info tentang Perkembangan Penanaman Modal Asing Langsung semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Perkembangan Penanaman Modal Asing Langsung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.