banner 468x60

Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko

Tidak ada komentar 225 views
banner 160x600
banner 468x60

Topik kita sekarang adalah Golongan atau Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko. Investor terdiri dari berbagai macam tipe.

Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko

Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko

Berikut ini beberapa golongan atau tipe investor berdasarkan profil resiko dalam berinvestasi yaitu sebagai berikut:

1. Investor Devensive

Investor tipe ini adalah investor yang berusaha mendapatkan keuntungan dan menghindari resiko sekecil apapun dari investasi yang dilakukannya. Investor jenis ini tidak memiliki cukup keyakinan dalam berspekulasi, dan memilih waktu yang tepat untuk berinvestasi sehingga kemungkinan resiko yang akan muncul sangat kecil.

2. Investor Conservative

Investor tipe ini biasanya melakukan investasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan berinvestasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Misalnya untuk meningkatkan pendidikan anak di perguruan tinggi atau untuk mempersiapkan bekal hidup di masa tua. Investor tipe ini cenderung berinvestasi dengan harapan mendapatkan keuntungan yang layak saja dan sedikit resiko yang kemungkinan diterima, karena filosofi investasi mereka adalah untuk menghindari resiko. Walaupun investor conservative ini sering melakukan investasi, akan tetapi investor tipe ini pada umumnya mengalokasikan sedikit waktu untuk melakukan analisa dan mempelajari portofolio investasinya.

3. Investor Balanced

Investor tipe ini, merupakan golongan investor yang lebih memilih resiko investasi menengah. Investor tipe ini cenderung memperhitungkan keseimbangan atau mencari proporsi yang seimbang antara resiko yang dimungkinkan akan muncul dalam investasinya dan hasil yang akan dapat diperoleh dengan investasinya tersebut. Mereka akan selalu berhati-hati dalam memilih jenis investasi, dan hanya investasi yang proporsional antara resiko yang dimungkinkan terjadi dan hasil yang dapat diperoleh dari investasi tersebut yang akan mereka pilih.

4. Investor Moderately Aggressive

Investor Moderately aggressive, merupakan jenis investor yang tenang dan tidak ekstrim dalam menghadapi resiko berinvestasi. Investor jenis ini cenderung memikirkan kemungkinan terjadinya resiko dan kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini jenis investor moderately aggressive selalu bersikap tenang dalam mengambil keputusan investasi, karena keputusan yang diambil sudah dipikirkan sebelumnya.

5. Investor Aggressive

Investor aggressive atau biasa disebut sebagai ‘pemain’ adalah kebalikan dari investor jenis conservative, mereka sangat teliti dalam menganalisa dan mempelajari portofolio yang dimilikinya. Semakin banyak angka-angka dan fakta-fakta yang ditemukan dan bisa dianalisis berarti semakin baik. Investor jenis aggressive umumnya cenderung melakukan investasi dalam jangka atau rentang waktu yang relatif pendek, karena mengharapkan adanya banyak keuntungan besar yang bisa diperoleh dalam waktu yang singkat. Walaupun berharap tidak memperoleh kerugian atau resiko yang mungkin terjadi, tetapi setiap investor tipe aggressive menyadari bahwa kerugian atau resiko adalah bagian dari permainan investasi.

Demikian info tentang Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...
Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tipe Investor Berdasarkan Profil Risiko"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.